Peningkatan Kompetensi Pembelajaran melalui Pelatihan Media dan Metode Pembelajaran pada Program Kampus Mengajar Angkatan III di SDN 002 Benai, Kuantan Singingi, Riau

Penulis

  • Irfandi Program Studi Pendidikan Kimia, Universitas Islam Kuantan Singingi, Telukk Kuantan, Riau Penulis
  • Ikrima Mailani Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan, Riau Penulis
  • Wirsa Andani Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan, Riau Penulis
  • Winda Ningsih Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan, Riau Penulis
  • Nur Azima Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan, Riau Penulis
  • M. Rendi Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Kuantan Singingi, Teluk Kuantan, Riau Penulis

DOI:

https://doi.org/10.71024/aksi.2025.v2i1.2

Kata Kunci:

Independent learning, teaching media, learning methods, students, student competencies

Abstrak

Independent Learning and Independent Campus is a program from the Ministry of Education and Culture that provides opportunities for students to learn outside the classroom and develop themselves according to their interests and talents. To help students prepare for their future careers, the independent campus aims to encourage them to master various scientific Methods used in this activity are interactive and participatory methods. This teaching campus program activity was held on September 27 – December 21. The location of the assignment is at SDN 002 Benai, Benai District, Kuantan Singingi Regency, Riau. The results of service activities while at school carried out by the 3rd batch of teaching campus students are literacy, numeracy, assessment, soft skills, current issues, national vision. This program is expected to have a positive influence on students so that they are better prepared to enter the world of work.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Referensi

Bangun, A. A. R., Sihombing, D. I., Manik, E., Ginting, K., & Julius, J. (2022). Penguatan Literasi dan Numerasi pada Pelaksanaan Kampus Mengajar Angkatan 3 di SD Negeri 047176 Sirumbia. Kifah: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 145–152.

Febriati, F., Haling, A., & Yusuf, R. A. (2023). Analisis Adaptasi Teknologi Program Kampus Mengajar Pada Kemampuan Mengoperasikan Microsoft Word Siswa Kelas Vi Sd Inpres 10/73 Pancaitana Kabupaten Bone. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(2).

Haidar, A., & Sholeh, M. (2018). PROGRAM LITERASI SEKOLAH DALAM UPAYA MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(3), 639–647.

Hamzah, R. A. (2021). Pelaksanaan kampus mengajar angkatan I program merdeka belajar kemdikbud di sekolah dasar. Dedikasi, 1(20), 1–8.

Islami, A. N., & Imron, M. (2023). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 dalam Meningkatkan Teknologi di SD Negeri 2 Sanggreman. JEID: Journal of Educational Integration and Development, 3(4), 256–271.

Kemendikbud. (2021). Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan 1. Kemendikbud.

Manurung, R. N. N. (2022). Peran Program Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Kemandirian Mahasiswa melalui Kampus Mengajar. Journal on Education, 05(01), 591–600.

Murtafia, W., Krisdiana, I., Fitria, R. N., Ningrum, P. P., & Subeqi, E. F. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Dasar Untuk Penguatan Literasi Numerasi Siswa Melalui Proyek Kolaborasi. Jurnal Abdimas Patikala, 2(3). https://doi.org/https://doi.org/doi.org/10.51574/patikala.v2i3.722

Nunuk, H., Syunu, T., & Haq, M. S. (2018). Optimalisasi Budaya Literasi Mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Journal of Islamic Education Management, 4(1), 91–104. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El- idare

Rahim, F. (2005). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Aksara.

Rofieq, A., Yuliani, S., Pertiwi, K., Ramdani, N., M, A. N., Marwah, S. S., & Mursyid, R. (2022). Tantangan Pelaksanaan Kampus Mengajar 2 Di Sekolah Dasar Negeri (Sdn) 3 Cidahu Kabupaten Sukabumi. Jurnal Buana Pengabdian, 4(2), 1–12.

Santoso, B., Muzakki, M., & Fathurrahman, M. T. (2023). Pelaksanaan Kampur Mengajar Di Daerah 3T : Program Asistensi Mengajar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Muhammadiyah Sorong. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat, 6(1), 14–20.

Siregar, N., Sahirah, R., & Harahap, A. A. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era Revolusi Industri 4.0. Fitrah: Journal of Islamic Education, 1(1), 141–157.

Suardipa, I. ., Widiara, I. ., & Indrawati, N. . (2021). Urgensi Soft skill dalam Perspektif Teori Behavioristik. EdukasI: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 63–74.

Sudianto, S., Listyani, E., Maesaroh, N., Rofi, A., & Nurfaeda, S. M. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar. Saniskala: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 66–73.

Zaenal, R. M., Suryaman, O., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning “Numet” Untuk Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(4), 2725. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.6035

Diterbitkan

2025-04-30

Terbitan

Bagian

Articles

Cara Mengutip

Irfandi, Ikrima Mailani, Wirsa Andani, Winda Ningsih, Nur Azima, & M. Rendi. (2025). Peningkatan Kompetensi Pembelajaran melalui Pelatihan Media dan Metode Pembelajaran pada Program Kampus Mengajar Angkatan III di SDN 002 Benai, Kuantan Singingi, Riau. Aksi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 39-50. https://doi.org/10.71024/aksi.2025.v2i1.2

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama